Langsung ke konten utama

Sejatinya MPV Itu Gerak Roda Depan

Kenyamanan Maksimal Seluruh Penumpang Kabin Mitsubishi Xpander
Kenyamanan Maksimal Seluruh Penumpang Kabin Mitsubishi Xpander
Sampai saat ini terus terjadi perdebatan soal drivetrain ideal untuk sebuah MPV, antara front wheel drive atau rear wheel drive, penggerak roda depan atau belakang. Oleh pihak Mitsubishi, dikatakan bahwa sejatinya MPV menggunakan penggerak roda depan (FWD).

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), melalui brand ambassador Rifat Sungkar dan Ilham Iranda Syahputra selaku Head of Sales & Dealer Management Region 3 Department menegaskan hal tersebut.

Penggerak roda depan disebut paling ideal untuk MPV karena mendukung kebutuhan dan filosofinya sebagai kendaraan penumpang. Karena itulah Mitsubishi menggunakan opsi drivetrain tersebut untuk MPV andalannya saat ini, Xpander.

Xpander
Xpander
Isu tentang dua jenis penggerak ini terus berkembang di kalangan konsumen, yang secara tidak langsung berpengaruh pada kultur dan preferensi konsumen membeli kendaraan.

Sebenarnya filosofi produknya sih. Begini, small MPV itu berangkatnya mobil keluarga yang dipakai di perkotaan bisa dipakai jalan-jalan ke luar, oke,” jelas Rifat di sela acara media di Lombok, Nusa Tanggara Barat.

“City car manapun punya filosofi adalah manfaatkan semua ruang kecil untuk bisa mendapatkan space besar, itu filosofinya. Lo cari semua city car, cari yang rear wheel, ada nggak? Lagi-lagi konsepnya adalah memanfaatkan semua ruang compact, untuk itu, jadi semuanya serba compact,” kata dia.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander
Spesifikasi Mitsubishi Xpander
Selain itu, Rifat juga mengatakan bahwa untuk mobil berpenggerak roda belakang membutuhkan lebih banyak komponen untuk pengoperasiannya. Hal tersebut kemudian dikaitkan pada perawatan atau maintenance mobil, yang berpengaruh pada biaya juga.

Ilham kemudian menambahkan, bahwa dengan penggerak roda belakang, kenyamanan penumpang di dalam kabin ikut terpengaruh. Selain karena adanya ‘terowongan’ penghubung mesin ke gardan, bagian tersebut juga menghasilkan suara saat mobil melaju.

Ada Fasilitas Cruise Control Di Mitsubishi Xpander
Ada Fasilitas Cruise Control Di Mitsubishi Xpander
“Kita semua pernah ngalamin, naik MPV pesaing kita itu, masuk gigi atret (mundur), berdengung, itu pasti berdengung. Depan, tengah, belakang, ada suara saat pindah gigi, ini cerita sama sales di lapangan,” kata Ilham.

Di segmen sekelas Xpander saat ini, produk Low MPV yang menggunakan penggerak roda belakang yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Wuling Confero. Sementara mayoritas Low MPV yang ada di pasar berpenggerak roda depan.

Kiblat ke MPV Premium


Ruang Kabin Yang Luas Mewah Serta Nyaman Mitsubishi Xpander
Ruang Kabin Yang Luas Mewah Serta Nyaman Mitsubishi Xpander
Selain faktor kenyamanan dan kepraktisan, Mitsubishi juga berkaca pada produk MPV premium yang seluruhnya berpenggerak roda depan. Hal tersebut menjadi alasan lain Mitsubishi membuat Xpander dengan pilihan drivertrain tersebut.

“Toyota Alphard dan Vellfire saja pakai penggerak roda depan. Gerak roda belakang itu lebih cocoknya untuk mobil kerja (pengangkut),” tambah Ilham.

Kecuali Mercedes-Benz V-Class dan Volkswagen Caravelle, mayoritas MPV mewah saat ini memang berpenggerak roda depan. Sebut saja Nissan Elgrand, Honda Odyssey, dan bahkan Mitsubishi Delica sendiri juga berpenggerak roda depan.

Pilihan tersebut karena kenyamanan menjadi prioritas dalam pengembangan MPV, bukannya performa. Di Indonesia sendiri, masih sering beredar anggapan bahwa mobil berpenggerak roda depan kurang bisa diandalkan untuk melalui tanjakan.

Ground Clearance yang tinggi jadikan mitsubishi Xpander Bisa melalui jalan di berbagai medan jalan dengan tetap nyaman
Ground Clearance yang tinggi jadikan mitsubishi Xpander Bisa melalui jalan di berbagai medan jalan dengan tetap nyaman


Info Promo XPANDER
Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

ECLIPSE CROSS: SI KEKAR MESIN TURBO

Medium SUV Turbo Mitsubishi Mitsubishi Eclipse Cross menjadi penantang kuat di segmen SUV medium, berbekal desain agresif diimbangi mesin turbo berperforma tangguh. Dengan sederet fitur yang dimiliki, Eclipse Cross   memiliki performa dan kenyamanan yang memikat. Desain fascia mobil menampilkan konsep Dynamic Shield   yang menjadi paten global pabrikan berlogo tiga berlian. Bentuk body meruncing dengan lekuk tajam menonjolkan aura maskulin pada Eclipse Cross. Sepasang headlight  LED sipit dengan Daytime Running Light   (DRL) memenuhi area depan mobil. Penempatan grill dan lis krom bentuk perisai di bumper menyiratkan kemewahan dari mobil berharga nyaris setengah miliar. Baca juga:  Deretan Fitur Keamanan Mitsubishi Eclipse Cross Penampilan area buritan nampak sedikit unik. Kaca belakang dibagi dua secara horizontal oleh lampu rem berbentuk palang, sehingga membentuk sudut siku-siku. Konfigurasi kaca belakang tersebut membuat ba...

XPANDER CROSS: REVIEW PENGGUNA, STABILITAS OKE

Stabilitas Oke Xpander Cross Bukanlah hal utopis mendamba mobil pelancong di bermacam lanskap jalanan. Korelasinya lagi dengan utilitas dan banderol yang ditawarkan. Belakangan kian banyak produsen menjajakan kendaraan bergenre MPV crossover. Atau sebut saja mobil keluarga tujuh penumpang yang di-SUV-kan. Salah satunya Mitsubishi Xpander Cross , punya banderol relatif tinggi dari deret lawan sekelas. Label harga tertera, mulai Rp 272,7 juta sampai Rp 292,7 juta. Angka itu di atas rata-rata, bahkan kasta tertinggi sudah melampaui banderol medium SUV Cina bermesin turbo. Tapi jujur saja, segmentasi hanyalah cara asosiasi untuk memilah data penjualan. Dan zaman sekarang perpektif konsumen berubah. Bukan lagi mencari jenis model, melainkan dengan genggaman dana sekian, bisa mendapat opsi mobil apa saja. First Impresi Xpander Cross Mitsubishi xpander driving impression Dan pilihan paling mahal itulah (Premium Package AT) yang diuji. Maka disibak antara harga ditawarkan dengan poin-poin t...

ALL NEW PAJERO SPORT 2020

All New Pajero Sport 2020 Mitsubishi berencana mengeluarkan versi produk andalannya, Pajero Sport 2020 yang telah di update. Mengadopsi banyak perubahan seperti Mitsubishi Triton yang menjadi landasannya. Mitsubishi Pajero Sport 2020 menjadi lebih aman dan sarat dengan fitur terbaru daripada versi sebelumnya karena dibutuhkan perjuangan panjang untuk menyikut para pesaingnya termasuk Ford Everest, Holden Trailblazer, Isuzu MU-X dan Toyota Fortuner. Pembaharuan kali ini bertepatan dengan kenaikan harga di seluruh versi tetapi Mitsubishi menawarkan insentif spesial. Interior Dashboard Modern Mewah Mitsubishi Pajero Sport 2020 mencakup kombinasi dynamic shield dan lampu utama Triton yang baru, serta lampu siang hari yang baru serta bumper. Kapnya juga lebih tinggi dari model sebelumnya. Ada juga desain velg baru dan kaki-kaki yang diposisikan ulang yang akan membawa lebih banyak ground clearance. Di dalamnya, model Pajero Sport 2020 yang diperbarui ini telah mendapat layar sentuh baru b...