Langsung ke konten utama

Jajal Kemampuan Mitsubishi Outlander PHEV

Outlander PHEV Mitsubishi
Outlander PHEV Mitsubishi 
Jakarta - 
Outlander PHEV bisa dibilang mobil plug-in hybrid yang unik dengan tiga metode berkendara. Dihargai Rp 1 Miliar lebih, merasakan langsung kemampuan SUV yang satu ini.

Indonesia tengah menuju era elektrifikasi kendaraan. Sedikit demi sedikit pabrikan otomotif mulai bergerak menjual mobil ramah lingkungan. Salah satunya Mitsubishi dengan Outlander PHEV.

Mobil yang dibanderol Rp 1.294.000.000 ini mengusung teknologi plug-in hybrid atau kombinasi mesin bakar dan motor listrik yang baterainya bisa dicas langsung di instalasi listrik rumah. Selain itu, teknologi plug-in hybrid juga memungkinkan mobil ini berlari hanya dengan mengandalkan tenaga listrik.

Kali ini detikcom berkesempatan mencoba langsung Outlander PHEV di Lombok dalam agenda acara test drive beberapa mobil Mitsubishi. detikcom lebih dulu mencoba menjadi pengemudi Outlander PHEV untuk membuktikan seberapa tangguh mobil ini.

outlander PHEV 7 seater
outlander PHEV 7 seater
Mitsubishi Outlander PHEV mengusung mesin bensin 2.4 liter. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik yang punya tenaga 60 kW di roda depan dan 70 kW pada roda belakang. Soal tenaga, mesin konvensional bisa memuntahkan tenaga maksimal 132,8 dk dengan torsi 211 Nm.
Outlander PHEV dikatakan menjadi salah satu mobil plug-in hybrid yang unik, sebab memiliki tiga mode berkendara, yakni mode EV, mode HEV, dan juga mode Parallel Hybrid.

Pada mode EV, mobil akan bergerak dengan tenaga listrik yang dialirkan dari baterai ke motor listrik di roda depan dan belakang.
Selanjutnya pada mode HEV (Hybrid Electric Vehicle), saat baterai berkurang, maka mesin akan membantu 'ngecas' baterai agar memiliki kapasitas baterai yang stabil. Mesin konvensional akan berperan mirip generator. 

Sementara pada mode Parallel Hybrid, sistem ini berfungsi di saat pengendara membutuhkan tenaga lebih. Misalnya ketika baterai mulai berkurang, maka mesin konvensional akan tetap menjaga pasokan baterai, dan baterai akan memberikan energi pada motor listrik yang berada pada roda depan dan belakang.

Selama perjalanan pertama pagi tadi dengan jarak sekitar 39 km, kami memilih mode EV. Dengan mode EV, mobil melaju hanya dengan penggerak listrik. Posisi baterai saat itu dalam kondisi sekitar 80%. Di mode EV, ketika baterai di bawah 20%, maka mesin bensin akan menyala untuk membantu mengisi ulang daya baterai.

Outlander PHEV New Car Hybrid Mitsubishi
Outlander PHEV New Car Hybrid Mitsubishi 
Selama perjalanan 35 km, mesin bensin sama sekali tidak menyala. Artinya, sejauh itu mobil hanya mengandalkan tenaga listrik yang disimpan baterai. Baru setelah 35 km, mesin menyala untuk membantu baterai mempertahankan pasokan listriknya. Fungsi mesin yang menyala itu bukan menggerakkan roda, melainkan untuk mengisi ulang daya baterai, seperti sebuah generator.

Rasanya mengendarai Outlander PHEV, mobil terasa cukup nyaman karena benar-benar senyap. Meski mesin menyala, getaran mesin tak terdengar bising ke dalam kabin.

Karena mengandalkan tenaga listrik yang torsinya cukup besar, sekali tekan pedal gas mobil langsung meluncur, tidak seperti mobil bermesin bakar lainnya yang kemungkinan memiliki jeda akselerasi.

Sementara itu, rencananya dalam rangkaian acara ini tak hanya ada Outlander PHEV yang diuji. Ada juga beberapa mobil Mitsubishi baru lainnya yang ikut di tes.

"Hari ini kami mempersiapkan line up yang paling baru dari Mitsubishi. Pertama Xpander Cross sebagai crossover kami terbaru, dan tentunya SUV berteknologi terbaru Eclipse Cross dan Triton yang tanggguh di segala medan dan yang terbaru juga yaitu Outlander PHEV," kata Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Ryoichi Inaba di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/2/2020).

Outlander PHEV Built Up Japan
Outlander PHEV Built Up Japan

Info Promo, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers

Postingan populer dari blog ini

ECLIPSE CROSS: SI KEKAR MESIN TURBO

Medium SUV Turbo Mitsubishi Mitsubishi Eclipse Cross menjadi penantang kuat di segmen SUV medium, berbekal desain agresif diimbangi mesin turbo berperforma tangguh. Dengan sederet fitur yang dimiliki, Eclipse Cross   memiliki performa dan kenyamanan yang memikat. Desain fascia mobil menampilkan konsep Dynamic Shield   yang menjadi paten global pabrikan berlogo tiga berlian. Bentuk body meruncing dengan lekuk tajam menonjolkan aura maskulin pada Eclipse Cross. Sepasang headlight  LED sipit dengan Daytime Running Light   (DRL) memenuhi area depan mobil. Penempatan grill dan lis krom bentuk perisai di bumper menyiratkan kemewahan dari mobil berharga nyaris setengah miliar. Baca juga:  Deretan Fitur Keamanan Mitsubishi Eclipse Cross Penampilan area buritan nampak sedikit unik. Kaca belakang dibagi dua secara horizontal oleh lampu rem berbentuk palang, sehingga membentuk sudut siku-siku. Konfigurasi kaca belakang tersebut membuat ba...

XPANDER CROSS: REVIEW PENGGUNA, STABILITAS OKE

Stabilitas Oke Xpander Cross Bukanlah hal utopis mendamba mobil pelancong di bermacam lanskap jalanan. Korelasinya lagi dengan utilitas dan banderol yang ditawarkan. Belakangan kian banyak produsen menjajakan kendaraan bergenre MPV crossover. Atau sebut saja mobil keluarga tujuh penumpang yang di-SUV-kan. Salah satunya Mitsubishi Xpander Cross , punya banderol relatif tinggi dari deret lawan sekelas. Label harga tertera, mulai Rp 272,7 juta sampai Rp 292,7 juta. Angka itu di atas rata-rata, bahkan kasta tertinggi sudah melampaui banderol medium SUV Cina bermesin turbo. Tapi jujur saja, segmentasi hanyalah cara asosiasi untuk memilah data penjualan. Dan zaman sekarang perpektif konsumen berubah. Bukan lagi mencari jenis model, melainkan dengan genggaman dana sekian, bisa mendapat opsi mobil apa saja. First Impresi Xpander Cross Mitsubishi xpander driving impression Dan pilihan paling mahal itulah (Premium Package AT) yang diuji. Maka disibak antara harga ditawarkan dengan poin-poin t...

ALL NEW PAJERO SPORT 2020

All New Pajero Sport 2020 Mitsubishi berencana mengeluarkan versi produk andalannya, Pajero Sport 2020 yang telah di update. Mengadopsi banyak perubahan seperti Mitsubishi Triton yang menjadi landasannya. Mitsubishi Pajero Sport 2020 menjadi lebih aman dan sarat dengan fitur terbaru daripada versi sebelumnya karena dibutuhkan perjuangan panjang untuk menyikut para pesaingnya termasuk Ford Everest, Holden Trailblazer, Isuzu MU-X dan Toyota Fortuner. Pembaharuan kali ini bertepatan dengan kenaikan harga di seluruh versi tetapi Mitsubishi menawarkan insentif spesial. Interior Dashboard Modern Mewah Mitsubishi Pajero Sport 2020 mencakup kombinasi dynamic shield dan lampu utama Triton yang baru, serta lampu siang hari yang baru serta bumper. Kapnya juga lebih tinggi dari model sebelumnya. Ada juga desain velg baru dan kaki-kaki yang diposisikan ulang yang akan membawa lebih banyak ground clearance. Di dalamnya, model Pajero Sport 2020 yang diperbarui ini telah mendapat layar sentuh baru b...