Langsung ke konten utama

Beda Xpander Cross

Ketangguhan LMPV Xpander Cross
Ketangguhan LMPV Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross resmi dihadirkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mobil tersebut adalah varian crossover dari Xpander LMPV biasa yang meluncur pertama sekitar Agustus 2017 lalu.

Kehadiran Xpander Cross dikatakan oleh Takao Kato, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Takao mengatakan, Xpander Cross dibuat untuk memperkuat model Xpander sebelumnya. Mobil ini juga dirancang berdasarkan apa yang konsumen inginkan.

“Ini adalah sebuah kendaraan crossover yang memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/11).

Oleh pihak Mitsubishi, Xpander Cross disebut sebagai sebuah crossover MPV yang ramah-keluarga, dengan styling SUV yang kuat, pengendaraan yang nyaman dan menyenangkan, sekaligus memiliki interior desain yang praktis dan mewah.

Kendaraan ini sekaligus menjadi varian tertinggi dari model Xpander yang diklaim akan memberikan keunggulan berkendara di berbagai medan namun tetap memberikan kenyamanan dari sebuah MPV. Bicara soal spesifikasi, Xpander Cross masih membawa mesin yang sama dengan Xpander LMPV biasa. Mesin tersebut adalah mesin 1.5 Liter MIVEC DOHC.

Xpander Cross White Colour
Xpander Cross White Colour
Tenaga mesin diklaim mampu mencapai 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm di 4.000 rpm. Xpander Cross mengandalkan daya pacu berkode 4A91 empat silinder 16 katup.

Sama dengan Xpander LMPV, mesin hasil racikan Mitsubishi dan Mercedes-Benz (Daimler Chrysler) itu diklaim kini lebih senyap mendekati 80 persen articulation index. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan yang bisa dipilih konsumen.

Dari segi fitur, beberapa fitur keamanan yang sebelumnya ada pada Xpander biasa dihadirkan pada model crossover. Versi Cross juga masih mendapat dual airbags, kontrol stabilitas dan traksi, cruise control dan hill start assist.

Untuk pengereman juga masih sama. Sistem penghentian kendaraan hanya mengandalkan cakram di depan dan drum brake alias tromol di roda belakang. Meski begitu, fitur ABS + EBD dan BA (brake assist) tersemat pada mobil ini.

Fitur keamanan lainnya pada mobil ini adalah Keyless Operation System, Immobilizer with Security Alarm dan Parking Sensor + Rear View Canera. Semua fitur tersebut tersemat pada seluruh varian mobil, otomatis dan manual.

Bedanya dengan Xpander Biasa



Sebagai model baru, Xpander Cross jelas memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan model biasa. Meski tak banyak, ubahan pada model crossover cukup kentara untuk mendukung tampilan lebih gagah khas kendaraan crossover.

Dari segi pengalaman berkendara, dikatakan oleh Chief Product Specialist Mitsubishi Motors Corporation Minoru Uehara, Xpander Cross kini menggunakan shock breaker baru yang disesuaikan untuk menambah kesan gagah dan kenyamanan berkendara.

“Xpander Cross kini menggunakan shock rebound spring, dengan kelebihan lebih stabil dan nyaman jika dibandingkan dengan yang ada pada Xpander biasa,” jelasnya demikian.

Shock breaker rebound spring ini juga diklaim memiliki kelebihan yang lebih stabil dan nyaman saat menempuh kecepatan 70 km/jam dibandingkan dengan kompetitor.

Xpander Cross 1.5L
Xpander Cross 1.5L
Meski diklaim menggunakan shock breaker baru, konfigurasi sistem peredam kejut mobil ini masih sama dengan model Xpander biasa. Konfigurasinya menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang.

Bedanya, damper atau pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih. Ground clearance mobil ini juga lebih tinggi kini dengan 225 mm, sementara pada Xpander biasa hanya 205 mm. Lebih jangkung bukan.

Sebagai sarana hiburan, Mitsubishi Xpander Cross dibekali head unit yang berbeda dari Xpander biasa.

Audio Monitor Xpander Cross
Audio Monitor Xpander Cross
Mulai desainnya sudah berbeda, pun juga termasuk fitur-fitur yang ada di tawarkannya.

Walau sama-sama 2-DIN, head unit Xpander Cross memiliki layar monitor yang lebih luas dibanding Xpander tipe Ultimate.

Layar head unit Xpander Cross berukuran 7 inci sedang Xpander Ultimate hanya 6,2 inci.

Walau ukurannya berbeda, layar monitor kedua head unit ini sudah touchscreen.

"Untuk fitur terbaru yang didapatkan oleh Xpander Cross selain layar yang lebih lebar yakni smartphone connectivity," sebut Jerry Amran, Senior Assistant Manager PR & CSR Departement PT MMKSI.

Jadi pengemudi bisa melakukan konektivitas dari layar smartphone langsung ke layar head unit Xpander Cross.

Secara tampilan juga terlihat lebih futuristik dan simpel.

Pada sisi kiri head unit terdapat port USB untuk menghubungkan smartphone atau USB player.

Untuk tombol-tombol yang tersedia juga terlihat lebih minimalis dengan hanya tersedia tombol voice recognition dan ATT.

"Untuk fitur lain hampir sama seperti Xpander lama yakni ada bluetooth, iphone/ipad/ipod, radio AM/FM serta voice recognition, serta mampu menampilkan kamera mundur" tutup Jerry.

Perbedaan selanjutnya ada pada bagian wajah depan. Sekilas memang tak tampak perbedaan signifikan, namun kalau ditilik lebih teliti, Xpander Cross tampak hadir dengan grill yang lebih lebar.

Pembeda lainnya di bagian wajah adalah model crossover yang kini grillnya hadir dengan balutan warna black chrome dan garis horizontalnya lebih besar, juga lebih lebar.

Sentuhan baru juga tampak pada bagian bumper depan yang berubah total yang kini hadir dengan aksen dynamic shield-nya yang menyerupai New Mitsubishi Triton, lebih lebar ke tepi kanan dan kirinya mendekati area lampu utama.

Masih di bagian wajah depan, ubahan tampak signifikan hadir dengan seluruh bagian pencahayaan depan yang hadir dengan lampu LED pada seluruh pusat penerangan bagian depan kendaraan. Pada Xpander biasa, varian bawah masih membawa lampu halogen konvensional.

Xpander Cross LMPV
Xpander Cross LMPV
Di bagian belakang tak banyak berubah. Secara keseluruhan, tampilannya hampir sama dengan model sebelumnya.

Bagian atap Xpander Cross kini dilengkapi dengan roof rack untuk menempatkan barang-barang bawaan kala berpergian jauh. Di Xpander biasa, roof rack belum tersedia.

Di bagian bawah, diberikan aksen side skirt yang lebih berkarakter untuk menambah kesan gagah. Area lingkar roda juga diberikan sentuhan cover bodi tambahan berwarna hitam yang memanjang dari bumper depan hingga ke belakang.

Tampilan Belakang Xpander Cross
Tampilan Belakang Xpander Cross


Info Promo, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

ECLIPSE CROSS: SI KEKAR MESIN TURBO

Medium SUV Turbo Mitsubishi Mitsubishi Eclipse Cross menjadi penantang kuat di segmen SUV medium, berbekal desain agresif diimbangi mesin turbo berperforma tangguh. Dengan sederet fitur yang dimiliki, Eclipse Cross   memiliki performa dan kenyamanan yang memikat. Desain fascia mobil menampilkan konsep Dynamic Shield   yang menjadi paten global pabrikan berlogo tiga berlian. Bentuk body meruncing dengan lekuk tajam menonjolkan aura maskulin pada Eclipse Cross. Sepasang headlight  LED sipit dengan Daytime Running Light   (DRL) memenuhi area depan mobil. Penempatan grill dan lis krom bentuk perisai di bumper menyiratkan kemewahan dari mobil berharga nyaris setengah miliar. Baca juga:  Deretan Fitur Keamanan Mitsubishi Eclipse Cross Penampilan area buritan nampak sedikit unik. Kaca belakang dibagi dua secara horizontal oleh lampu rem berbentuk palang, sehingga membentuk sudut siku-siku. Konfigurasi kaca belakang tersebut membuat ba...

XPANDER CROSS: REVIEW PENGGUNA, STABILITAS OKE

Stabilitas Oke Xpander Cross Bukanlah hal utopis mendamba mobil pelancong di bermacam lanskap jalanan. Korelasinya lagi dengan utilitas dan banderol yang ditawarkan. Belakangan kian banyak produsen menjajakan kendaraan bergenre MPV crossover. Atau sebut saja mobil keluarga tujuh penumpang yang di-SUV-kan. Salah satunya Mitsubishi Xpander Cross , punya banderol relatif tinggi dari deret lawan sekelas. Label harga tertera, mulai Rp 272,7 juta sampai Rp 292,7 juta. Angka itu di atas rata-rata, bahkan kasta tertinggi sudah melampaui banderol medium SUV Cina bermesin turbo. Tapi jujur saja, segmentasi hanyalah cara asosiasi untuk memilah data penjualan. Dan zaman sekarang perpektif konsumen berubah. Bukan lagi mencari jenis model, melainkan dengan genggaman dana sekian, bisa mendapat opsi mobil apa saja. First Impresi Xpander Cross Mitsubishi xpander driving impression Dan pilihan paling mahal itulah (Premium Package AT) yang diuji. Maka disibak antara harga ditawarkan dengan poin-poin t...

ALL NEW PAJERO SPORT 2020

All New Pajero Sport 2020 Mitsubishi berencana mengeluarkan versi produk andalannya, Pajero Sport 2020 yang telah di update. Mengadopsi banyak perubahan seperti Mitsubishi Triton yang menjadi landasannya. Mitsubishi Pajero Sport 2020 menjadi lebih aman dan sarat dengan fitur terbaru daripada versi sebelumnya karena dibutuhkan perjuangan panjang untuk menyikut para pesaingnya termasuk Ford Everest, Holden Trailblazer, Isuzu MU-X dan Toyota Fortuner. Pembaharuan kali ini bertepatan dengan kenaikan harga di seluruh versi tetapi Mitsubishi menawarkan insentif spesial. Interior Dashboard Modern Mewah Mitsubishi Pajero Sport 2020 mencakup kombinasi dynamic shield dan lampu utama Triton yang baru, serta lampu siang hari yang baru serta bumper. Kapnya juga lebih tinggi dari model sebelumnya. Ada juga desain velg baru dan kaki-kaki yang diposisikan ulang yang akan membawa lebih banyak ground clearance. Di dalamnya, model Pajero Sport 2020 yang diperbarui ini telah mendapat layar sentuh baru b...