Langsung ke konten utama

Beda Xpander Cross

Ketangguhan LMPV Xpander Cross
Ketangguhan LMPV Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross resmi dihadirkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mobil tersebut adalah varian crossover dari Xpander LMPV biasa yang meluncur pertama sekitar Agustus 2017 lalu.

Kehadiran Xpander Cross dikatakan oleh Takao Kato, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Takao mengatakan, Xpander Cross dibuat untuk memperkuat model Xpander sebelumnya. Mobil ini juga dirancang berdasarkan apa yang konsumen inginkan.

“Ini adalah sebuah kendaraan crossover yang memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/11).

Oleh pihak Mitsubishi, Xpander Cross disebut sebagai sebuah crossover MPV yang ramah-keluarga, dengan styling SUV yang kuat, pengendaraan yang nyaman dan menyenangkan, sekaligus memiliki interior desain yang praktis dan mewah.

Kendaraan ini sekaligus menjadi varian tertinggi dari model Xpander yang diklaim akan memberikan keunggulan berkendara di berbagai medan namun tetap memberikan kenyamanan dari sebuah MPV. Bicara soal spesifikasi, Xpander Cross masih membawa mesin yang sama dengan Xpander LMPV biasa. Mesin tersebut adalah mesin 1.5 Liter MIVEC DOHC.

Xpander Cross White Colour
Xpander Cross White Colour
Tenaga mesin diklaim mampu mencapai 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm di 4.000 rpm. Xpander Cross mengandalkan daya pacu berkode 4A91 empat silinder 16 katup.

Sama dengan Xpander LMPV, mesin hasil racikan Mitsubishi dan Mercedes-Benz (Daimler Chrysler) itu diklaim kini lebih senyap mendekati 80 persen articulation index. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan yang bisa dipilih konsumen.

Dari segi fitur, beberapa fitur keamanan yang sebelumnya ada pada Xpander biasa dihadirkan pada model crossover. Versi Cross juga masih mendapat dual airbags, kontrol stabilitas dan traksi, cruise control dan hill start assist.

Untuk pengereman juga masih sama. Sistem penghentian kendaraan hanya mengandalkan cakram di depan dan drum brake alias tromol di roda belakang. Meski begitu, fitur ABS + EBD dan BA (brake assist) tersemat pada mobil ini.

Fitur keamanan lainnya pada mobil ini adalah Keyless Operation System, Immobilizer with Security Alarm dan Parking Sensor + Rear View Canera. Semua fitur tersebut tersemat pada seluruh varian mobil, otomatis dan manual.

Bedanya dengan Xpander Biasa



Sebagai model baru, Xpander Cross jelas memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan model biasa. Meski tak banyak, ubahan pada model crossover cukup kentara untuk mendukung tampilan lebih gagah khas kendaraan crossover.

Dari segi pengalaman berkendara, dikatakan oleh Chief Product Specialist Mitsubishi Motors Corporation Minoru Uehara, Xpander Cross kini menggunakan shock breaker baru yang disesuaikan untuk menambah kesan gagah dan kenyamanan berkendara.

“Xpander Cross kini menggunakan shock rebound spring, dengan kelebihan lebih stabil dan nyaman jika dibandingkan dengan yang ada pada Xpander biasa,” jelasnya demikian.

Shock breaker rebound spring ini juga diklaim memiliki kelebihan yang lebih stabil dan nyaman saat menempuh kecepatan 70 km/jam dibandingkan dengan kompetitor.

Xpander Cross 1.5L
Xpander Cross 1.5L
Meski diklaim menggunakan shock breaker baru, konfigurasi sistem peredam kejut mobil ini masih sama dengan model Xpander biasa. Konfigurasinya menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang.

Bedanya, damper atau pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih. Ground clearance mobil ini juga lebih tinggi kini dengan 225 mm, sementara pada Xpander biasa hanya 205 mm. Lebih jangkung bukan.

Sebagai sarana hiburan, Mitsubishi Xpander Cross dibekali head unit yang berbeda dari Xpander biasa.

Audio Monitor Xpander Cross
Audio Monitor Xpander Cross
Mulai desainnya sudah berbeda, pun juga termasuk fitur-fitur yang ada di tawarkannya.

Walau sama-sama 2-DIN, head unit Xpander Cross memiliki layar monitor yang lebih luas dibanding Xpander tipe Ultimate.

Layar head unit Xpander Cross berukuran 7 inci sedang Xpander Ultimate hanya 6,2 inci.

Walau ukurannya berbeda, layar monitor kedua head unit ini sudah touchscreen.

"Untuk fitur terbaru yang didapatkan oleh Xpander Cross selain layar yang lebih lebar yakni smartphone connectivity," sebut Jerry Amran, Senior Assistant Manager PR & CSR Departement PT MMKSI.

Jadi pengemudi bisa melakukan konektivitas dari layar smartphone langsung ke layar head unit Xpander Cross.

Secara tampilan juga terlihat lebih futuristik dan simpel.

Pada sisi kiri head unit terdapat port USB untuk menghubungkan smartphone atau USB player.

Untuk tombol-tombol yang tersedia juga terlihat lebih minimalis dengan hanya tersedia tombol voice recognition dan ATT.

"Untuk fitur lain hampir sama seperti Xpander lama yakni ada bluetooth, iphone/ipad/ipod, radio AM/FM serta voice recognition, serta mampu menampilkan kamera mundur" tutup Jerry.

Perbedaan selanjutnya ada pada bagian wajah depan. Sekilas memang tak tampak perbedaan signifikan, namun kalau ditilik lebih teliti, Xpander Cross tampak hadir dengan grill yang lebih lebar.

Pembeda lainnya di bagian wajah adalah model crossover yang kini grillnya hadir dengan balutan warna black chrome dan garis horizontalnya lebih besar, juga lebih lebar.

Sentuhan baru juga tampak pada bagian bumper depan yang berubah total yang kini hadir dengan aksen dynamic shield-nya yang menyerupai New Mitsubishi Triton, lebih lebar ke tepi kanan dan kirinya mendekati area lampu utama.

Masih di bagian wajah depan, ubahan tampak signifikan hadir dengan seluruh bagian pencahayaan depan yang hadir dengan lampu LED pada seluruh pusat penerangan bagian depan kendaraan. Pada Xpander biasa, varian bawah masih membawa lampu halogen konvensional.

Xpander Cross LMPV
Xpander Cross LMPV
Di bagian belakang tak banyak berubah. Secara keseluruhan, tampilannya hampir sama dengan model sebelumnya.

Bagian atap Xpander Cross kini dilengkapi dengan roof rack untuk menempatkan barang-barang bawaan kala berpergian jauh. Di Xpander biasa, roof rack belum tersedia.

Di bagian bawah, diberikan aksen side skirt yang lebih berkarakter untuk menambah kesan gagah. Area lingkar roda juga diberikan sentuhan cover bodi tambahan berwarna hitam yang memanjang dari bumper depan hingga ke belakang.

Tampilan Belakang Xpander Cross
Tampilan Belakang Xpander Cross


Info Promo, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

Mitsubishi Pajero - Sejarah Perjalanan Panjangnya

Sejarah Panjang Mitsubishi Pajero Pasar otomotif di Indonesia terbilang cukup menjanjikan bagi para perusahaan mobil, salah satunya Mitsubishi. Melalui Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) , pabrikan Jepang ini memasarkan salah satu lini SUV buatanya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport di Tanah Air.. Nah, kali ini kita ingin mengajak sobat untuk mengulas sedikit sejarah Mitsubishi Pajero Sport. SUV ini lahir karena prestasi pabrikan tiga berlian yang sempat merajai ajang Reli Dakar dengan 12 kali kemenangan. Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama. (Mitsubishi Motor Indonesia) Pertama kali diproduksi pada tahun 1996 desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Awalnya SUV ini hanya dijual di Jepang saja, namun setahun berselang, penjualannya dilebarkan ke ranah internasional. Perlu diketahui, Mitsubishi Pajero Sport akhirnya dirakit di pabrik Tiongkok pada 2003 dan pabrik Brazil di 2006. Kemudian muncul generasi kedua yang ...