Langsung ke konten utama

Mitsubishi New Triton: Awas Nyesel !

New Strada Triton
New Strada Triton
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi New Triton – Carmudi Indonesia berkesempatan untuk menjajal Mitsubishi New Triton di kota Pekanbaru, Riau,  Rabu (21/8/2019) kemarin.

Kesempatan tersebut berbarengan rilis perdana New Triton oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Acara peluncuran tersebut pun berlangsung di lapangan Sampoerna, Pekanbaru.

Dalam acara bertajuk Engineered Beyond Tough, MMKSI juga mendatangkan 3 pebalap sekaligus. Ketiganya adalah Hiroshi Masuoka mantan juara pereli Paris Dakar 2002/2003, Kazuo Koide, pebalap Internasional dan Rifat Sungkar, pembalap reli Tanah Air. Ketiganya sengaja didatangkan demi memberikan sensasi mengendarai New Triton layaknya speed off road.

Acara ini menjadi ajang pembuktian Triton terbaru yang dapat dicicipi konsumen. Pihak MMKSI menyediakan 3 unit New Triton yang dapat digeber untuk dinikmati. Konsumen dapat menikmati beberapa obstacle, tikungan, tanjakan dan area berlumpur.

 Semuanya disediakan agar konsumen dapat benar-benar merasakan ketangguhan dari New Triton.

New Triton
New Triton
Dalam acara ini, ketiga pembalap ini datang untuk memberikan pengalaman dan sensasi layaknya balap speed off road. Para pembalap ini akan menjadi nakhoda bagi mereka yang ingin mencicipi lintasan. Hiroshi Masuoka merupakan salah satu pembalap yang usianya sudah cukup tua. Kendati sudah berumur 60 tahun, tetapi skill berkendaranya di atas rata-rata.

Ia masih sanggup membuat New Triton menari dengan liar di atas lintasan. Sesekali ia membuat New Triton meluncur sembari menebarkan debu-debu. Debu-debu yang bertebaran inilah yang menjadi indikasi jika jiwa balap Masuoka masih ada.

Lain lagi dengan Kazuo Koide, yang merupakan salah satu pebalap muda Internasional asal Jepang. Koide benar-benar terasa lebih liar saat mengemudikan New Triton di lintasan.

New Triton 2019
New Triton 2019
Pengalaman Menjadi Penumpang New Triton
 mendapatkan pengalaman untuk dikemudikan oleh Koide. Ia dengan sigap memberikan instruksi kepada para penumpangnya agar berpegangan dengan erat dan sigap. “Are you ready?” tanya Koide. Saya pun sontak menjawab,”Yes, I’m ready!”.

 Persneling pun masuk ke angka 1 dan pedal gas seketika langsung meluncur dengan dalam.
Saya yang duduk di baris kedua sebelah kiri seketika langsung merasakan ‘jahatnya’ jambakan dari mesin Mitsubishi New Triton.

Mesin berkode 4N15 yang juga digunakan oleh Pajero Sport ini sontak membuat saya terkejut. Koide tanpa memberikan ampun langsung menginjak gas dalam-dalam dan langsung bersiap untuk melahap tikungan pertama. Pada tikungan pertama, mobil berbelok ke kanan. Badan saya langsung terasa seperti terlempar.

Strada Triton
Strada Triton

Mitsubishi New Triton melompat dengan kecepatan tinggi


dengan mantap memberikan handling yang sangat baik. Setelah melewati tikungan pertama, Koide pun memberikan instruksi kepada para penumpang untuk kembali bersiap. “Ready! There will be a bit bumpy,” sahut Koide. Tanpa mengurangi kecepatan, New Triton melahap sebuah gundukan dengan kecepatan lebih kurang 80 km/jam! Wiiiiiiiiiii, mobil pun terbang dan saya lagi-lagi dibuat berdebar-debar oleh Koide.

Suspensi Mitsubishi New Triton Luar Biasa


New Triton Tangguh Sgala Medan
New Triton Tangguh Sgala Medan
Begitu mobil mendarat di tanah, saya pun merasakan jika adrenalin saya terpompa begitu cepat akibat ulah Koide. Namun ada satu hal yang cukup membuat saya kagum. Suspensi dari New Triton ini benar-benar luar biasa.

 Bantingan akibat terjangan ini mampu diredam dengan sempurna. Tak ada bunyi, yang ada hanyalah pendaratan yang cukup sempurna. Oiya, rasa bantingannya cukup empuk walaupun digunakan untuk ekstrem sekalipun.

Duduk di baris kedua membuat saya seakan merasa sedikit menyesal, kenapa harus duduk di baris kedua. Setelah mendarat, mobil kembali melahap tikungan ke arah kiri dan kanan. Lagi-lagi, handling dari mobil benar-benar sangat mantap. Padahal ini adalah mobil yang dibekali dengan spesifikasi standar alias bawaan pabrik. Mobil bawaan pabrik ini sanggup untuk memberikan kenyamanan yang cukup oke bagi penumpang belakang.

Triton New Mitsubishi
Triton New Mitsubishi
Selain Suspensi yang saya rasakan cukup empuk, mobil ini juga memiliki kekedapan kabin yang baik. Suara yang ada dari luar mobil benar-benar tidak terlalu kedengaran. Di dalam New Triton cukup senyap, untuk berbicara pun tidak sulit karena tidak berisik. Tak sengaja saya pun melihat posisi tuas persneling, ternyata Koide sudah memasukkan persneling di gigi 3 dengan transfercase di posisi 4L. Kemampuan 4 roda dari mobil ini benar-benar bisa dibanggakan.

Seakan tak puas membuat saya berteriak ketakutan dan kegirangan, Koide pun kembali melanjutkan aksi gilanya. Kali ini ia membuat kami hampir terpelanting dengan membuat mobil seakan menjadi mobil drift di lintasan pasir. Ah, saya benar-benar pasrah jika mobil ini terbalik. Tapi, apa iya seorang pembalap profesional tak punya perhitungan matang? Yasudah, saya percayakan saja ‘kesenangan’ ini di tangan Koide.

Pebalap yang mengemudikan dengan gaya cukup liar ini memang masih berusia muda. Tak heran jika gaya berkendaranya cukup ugal-ugalan dan sukses membuat saya tak berkutik di dalam mobil. Saya hanya bisa berpegangan dengan erat pada handle di bagian atas. Karena itulah salah satu penolong saya selain menggunakan helm di kepala. Tak terasa jika aksi Koide sudah satu putaran. Memasuki putaran kedua, Koide kembali melancarkan aksinya.

Mitsubishi New Triton, menari di lintasan pasir


Desain Gagah Dan Tangguh New Triton
Desain Gagah Dan Tangguh New Triton

Performa New Triton Cukup Bisa Diandalkan


Di trek lurus inilah saya merasakan jika performa dari Mitsubishi New Triton cukup liar. Koide memasuki gigi 3 tanpa terasa langsung membuat debu-debu di trek lurus kembali naik.

 Kecepatan mobil saat di trek lurus maupun berkelok tak bisa disepelekan begitu saja. Selain performa, handling, kekedapan kabin yang jauh lebih baik, suspensi New Triton benar-benar menggambarkan sebuah double cabin premium yang layak digunakan.

Saya yang baru pertama kali menumpangi New Triton ini benar-benar dibuat takjub. Setelah menyelesaikan taxi ride bersama Koide, ketiga pembalap ini pun memberikan pernyataan mengenai mobil baru dari Mitsubishi ini.

 Hiroshi Masuoka mengatakan, ada perbedaan paling jelas dengan Triton generasi sebelumnya, yaitu kabinnya lebih senyap dan membuat kenyamanan bertambah. Selain itu, feeling setirnya lebih baik.

Mitsubishi New Triton punya suspensi yang baik


Handling Nyaman New Triton
Handling Nyaman New Triton
Sementara menurut Kazuo Koide, pereli International Mitsubishi Motors, yang paling utama dari mobil double cabin penggerak 4×4 ini adalah kenyamanan saat mengemudi. Hal itu sudah dimiliki Triton baru, dan berkat penyesuaian di bagian kaki-kaki, handling mobil menjadi jauh lebih responsif.

 Hal senada disampaikan Rifat Sungkar, pereli Nasional yang sekaligus brand ambassador MMKSI. Dia menjelaskan, bahwa kenyamanan mobil dengan penggerak 4×4 sudah terwakili oleh Triton baru, kendaraan yang bisa dipakai di perkotaan tapi juga cocok untuk berpetualang.

Kekurangan Mitsubishi New Triton


Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh New Triton, tetap saja masih terdapat kekurangan dari mobil ini. Kualitas bodi dari New Triton belum merata antara varian terbawah dan tertinggi.

Triton
Varian dengan trim terbawah terasa lebih murah kualitasnya dengan bahan plastik berwarna doff. Sedangkan varian teratas sudah memakai bumper fiber yang dicat dengan warna senada warna bodi. Selain itu, masalah lain yang menjadi kekurangannya adalah harga.

Kekurangan lainnya adalah harga Mitsubishi New Triton kini menjadi lebih mahal. Memang, kenyamanan dan performa dari mobil ini jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Maka dari itu, harga dari New Triton dianggap menjadi salah satu kekurangan.

 Kekurangan lainnya adalah perbedaan yang sangat jauh di fitur yang ada. Fitur pada tipe terendah benar-benar sangat jauh berbeda. Hal ini membuat Triton memiliki kelas tersendiri di setiap variannya. Memang, para pabrikan otomotif selalu membuat hal ini demi membuat harga menjadi kompetitif. Ada harga ada kualitas, hal ini masih berlaku di beberapa tipe mobil.

Lalu, mengapa di judul ditulis “awas menyesal”? Kami menilai jika para pencinta mobil double cabin ini tidak membeli New Triton rasanya akan menyesal. Menyesal tidak membeli karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya.

Triton Tangguh
Triton Tangguh

Promo Unit, Mitsubishi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

Mitsubishi Eclipse Cross - SUV Modern Fitur Futuristik

SUV Modern Fitur Futuristik Mitsubishi Eclipse Cross dengan performa mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4 (empat) silinder yang dipadukan dengan fitur keamanan canggih.   Mitsubishi Eclipse Cross telah masuk ke pasar otomotif Indonesia sejak Juli 2019 lalu. Varian SUV dari PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) ini, tampil modern dan dilengkapi dengan  performa mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4 (empat) silinder yang dipadukan dengan fitur keamanan canggih untuk memberikan rasa aman saat berkendara. Eclipse Cross “Mitsubishi Eclipse Cross memiliki desain dan fitur yang futuristik, untuk mereka yang dinamis dan progresif, hal ini diwujudkan dengan tampilan yang sporty dan stylish, performa berkendara, teknologi canggih, serta dilengkapi dengan Advance Safety Feature yang mengoptimalkan pengalaman berkendara penuh percaya diri,” ungkap Guntur Harling Group Head of Product strategy Division PT MMKSI. Mitsubishi Eclipse Cross sangat cocok bagi masyaraka...

NGULIK ASIK MITSUBISHI OUTLANDER PHEV

DEALER RESMI MITSUBISHI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR Program pemerintah mengurangi emisi karbon menjadi perhatian dari produsen otomatif. Penggunaan mobil listrik adalah salah satu upaya untuk menjaga lingkungan lebih terjaga dari emisi karbon. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menunjukkan komitmen tersebut dengan meluncurkan produk hybrid dan electric vehicle (EV) . Yaitu, Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) . Sejak diluncurkan pada Juli 2019, ternyata belum banyak pengendara yang memahami ketangguhan mobil jenis SUV tersebut. Memiliki mesin gasoline 2.4 L motor dan baterai Outlander PHEV memang cocok dijajal untuk semua medan. Baik di dalam kota, lintasan antarkota, maupun di jalur ekstrem sekalipun. Untuk lintas ekstrem, Outlander PHEV benar-benar canggih. Sumber: JawaPos.com berkesempatan menjajal ketangguhan mobil tersebut dalam test drive di Surabaya-Pasuruan-Jember-Banyuwangi, pada Minggu (2/2) hingga Senin (3/2) lalu. Outlander PHEV Outlander...

Mitsubishi Xpander Tampil Makin Elegan

Mitsubishi Xpander 2020 Mitsubishi - Terus berinovasi dan memerhatikan kebutuhan konsumennya, Mitsubishi kembali hadir dengan terobosan baru dengan kemasan Mitsubishi Xpander . Hal ini diyakinkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi di Indonesia yang kembali meraih penghargaan “Best Low MPV” pada Otomotif Award 2020. Sebelumnya mereka juga berhasil meraih predikat “Best of The Best MPV” dan “Car of the Year” sejak diluncurkan pada GIIAS 2017. Mitsubishi Xpander Mitsubishi Xpander masih memiliki garis sudut bahasa desain Dynamic Shield yang mirip dengan versi lama. Namun, menciptakan perasaan baru, versi upgrade Xpander 2020 telah mengalami beberapa perubahan kecil dan berfokus terutama pada bagian depan mobil. Pertama, perubahan yang paling mencolok adalah gril depan yang baru dirancang dengan dua batang horizontal berlapis krom yang menghubungkan cluster lampu penentuan posisi. Desain baru ini terasa lebih modern daripada tiga j...