Langsung ke konten utama

Beda Mitsubishi Triton Baru vs Model Lawas

Tampilan New Dynamic Shield Design
Tampilan New Dynamic Shield Design
"Mitsubishi Triton mendapatkan penyegaran di bagian eksterior dan juga menggunakan mesin baru," terang Koichi Namiki, Program Director  Mitsubishi Motors, dalam sambutannya.

Jika dilihat dari penampilannya, New Triton menganut desain Dynamic Shield yang sebelumnya diaplikasikan pada Pajero, meski ada kemiripan juga dengan tampang MPV baru Mitsubishi, yaitu Xpander. Hanya saja, jika dibandingkan desain muka Xpander, New Triton menempatkan lampu utamanya pada bagian atas persis di bawah engine hood (kap mesin) serta bagian bawah, yang pada Xpander menjadi lampu utama, pada Triton digunakan sebagai posisi lampu kabut.  Sementara di buritan, tampak tail lamp yang berdesain mengotak, tak lagi ada aksen melengkung yang menjalar ke bagian belakang bodi samping.

Video Review New Triton 

Meski masih menyisakan rancang bangun lawas pada bagian kabin, namun desain baru ini sukses memberi suasana baru di mana secara keseluruhan tampilannya nampak lebih langsing dan menarik.

Tetapi, perubahan besar Triton terjadi pada mesin yang digunakannya, dapur pacu berkode 4N15, berkapasitas 2.400 cc, menggantikan peran mesin legendaris 4D56T yang semula menjadi penghuni kompartemen mesinnya. Mesin baru ini mampu melontarkan daya maksimal 181 PS/ 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm/2.500 rpm, bandingkan dengan mesin sebelumnya, yang hanya berdaya maksimum 178 PS/4.000 rpm dan torsi tertinggi 400 Nm/2.000 rpm. Jauh lebih bertenaga, bukan? Namun Mitsubishi mengklaim mesin anyar ini 15% lebih efisien.

Tentu efisiensi mesin tersebut tak lepas dari peran transmisi 6 percepatan otomatik atau girboks 6 percepatan manual menjadi tulang punggung baru, yang dikawinkan dengan tranfercase 2 speed part-time. Sebagai tambahan, untuk varian berpenggerak 4WD, kini telah dilengkapi dengan fitur Super-Select 4WD, yang diklaim mampu memberikan traksi optimal dan karakteristik handling lebih baik untuk setiap permukaan medan jalan.

New Style Strada Triton
New Style Strada Triton
Ada juga fitur Easy-Select 4WD, yang menyederhanakan perpindahan antara mode berkendara untuk tiap permukaan jalan yang berbeda. Fitur Super-Select dan Easy-Select sistem 4WD menggunakan mode baru Off-road dengan pilihan pengaturan GRAVEL, MUD/SNOW, SAND dan ROCK (hanya pada 4LLc). Komputer akan mengatur torsi, kontrol traksi dan bukaan throttle sesuai medan yang dilalui, sehingga memudahkan pengemudinya.

 Tentunya hal ini belum ada pada Triton sebelumnya, pengemudi harus pandai-pandai 'membaca' medan dan mengatur pedal gas serta menjaga torsi mobil, ketika melalui kondisi jalan yang berbeda-beda tersebut.

Untuk menuruni jalan menurun yang curam di perbukitan pengemudi New Triton akan dibantu oleh Hill Descent Control (HDC). HDC akan menjaga kecepatan mobil secara otomatik sesuai dengan tingkat derajat kelandaian jalan yang dilaluinya. Jadi, pengemudi tak perlu menginjak pedal rem, apalagi pedal gas, ketika melalui jalan menurun yang curam. Sistem ABS dan kontrol traksi menjaga putaran roda berada di kecepatan yang aman. Pengemudi hanya cukup mengarahkan mobil sesuai yang diinginkan.

New TRITON
New TRITON
Pada model sebelumnya, pengemudi harus menjaga kecepatan dengan menggunakan kompresi mesin, pada tipe manual menggunakan persneling 1 dan posisi 4L, begitu pun pada tipe matik, gunakan gigi terendah, serta tak jarang menggunakan rem untuk menahan laju mobil. Hal ini dinilai bisa membahayakan, karena rentan selip, ketika pedal rem diinjak terlalu dalam dan membuat roda berhenti berputar sehingga mobil malah meluncur (skid).

Pada Triton baru ini sederet fitur keselamatan dan kenyamanan pun dijejalkan, antara lain Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW dengan LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), Multi Around Monitor dan sensor parkir.

TRITON
TRITON


Pemesanan Unit, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

Mitsubishi Pajero - Sejarah Perjalanan Panjangnya

Sejarah Panjang Mitsubishi Pajero Pasar otomotif di Indonesia terbilang cukup menjanjikan bagi para perusahaan mobil, salah satunya Mitsubishi. Melalui Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) , pabrikan Jepang ini memasarkan salah satu lini SUV buatanya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport di Tanah Air.. Nah, kali ini kita ingin mengajak sobat untuk mengulas sedikit sejarah Mitsubishi Pajero Sport. SUV ini lahir karena prestasi pabrikan tiga berlian yang sempat merajai ajang Reli Dakar dengan 12 kali kemenangan. Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama. (Mitsubishi Motor Indonesia) Pertama kali diproduksi pada tahun 1996 desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Awalnya SUV ini hanya dijual di Jepang saja, namun setahun berselang, penjualannya dilebarkan ke ranah internasional. Perlu diketahui, Mitsubishi Pajero Sport akhirnya dirakit di pabrik Tiongkok pada 2003 dan pabrik Brazil di 2006. Kemudian muncul generasi kedua yang ...