Langsung ke konten utama

Plus Minus Sasis Monocoque & Ladder Frame

Xpander
Xpander
Mobil SUV (sport utility vehicle) sedang menjadi tren globlal. Mobil jenis ini dikenal memiliki kemampuan yang lebih baik melibas berbagai macam jenis jalanan.

SUV mengadopsi dua jenis rangka, yakni monocoque dan ladder frame. Keduanya memiliki kegunaan yang sedikit berbeda.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019), berikut perbandingan kekurangan dan kelebihan sasis monocoque dan ladder frame.

Monocoque


Jenis yang satu ini, sedang populer penggunaannya saat ini di mana konstruksi antara rangka dan bodi dibuat menyatu. Sasis jenis ini pertama kali dipakai pada mobil Lancia Lambda pada 1923, dan diikut pada 1934 oleh Citroen serta Chrysler.

Salah satu kelebihan sasis monocoque adalah ringan. Selain itu, sasis monocoque kerap digunakan lantaran pengendalian mobil bisa lebih baik. Alhasil, konsumsi bahan bakar juga semakin efisien dan tentu saja lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Sayang, SUV monocoque kebanyakan memiliki ground clearance yang tak terlalu tinggi sehingga kurang tangguh untuk melibas medan off-road. Karena itu, jenis ini kerap disebut SUV perkotaan.

Beberapa mobil SUV yang menggunakan sasis monocoque dan beredar di Indonesia ialah Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Wuling Almaz, DFSGK Glory, Mitsubishi Outlander Sport, BMW X5, dan Lamborghini Urus.

Rangkuman Kelebihan


1. Ruang kabin lebih maksimal
2. Lebih baik dalam mereduksi bobot, sehingga lebih irit bahan bakar.
3. Center of gravity lebih rendah, membuat efek body roll lebih kecil
4. Bantingan lebih suspensi lembut
5. Umumnya memiliki pengendalian yang lebih baik

Rangkuman Kekurangan


1. Lebih rapuh dari ladder frame, akan terasa saat mengalami kecelakaan berat.
2. Lebih sensitif terhadap getaran
3. Saat bodi rusak karena kecelakaan agak sulit diperbaiki.

Ladder Frame


Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport
Diberi nama "Ladder Frame" karena bentuk dan susunannya menyerupai tangga. Jenis yang satu ini, bisa dibilang merupakan jenis chassis tertua dan banyak digunakan, khususnya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty) contohnya Toyota Kijang, Fortuner, selain itu juga untuk truk dan kendaraan komersial lainnya.

Biasanya, kaki-kaki pada mobil SUV dengan rangka ladder frame lebih kuat dan memiliki ground clearance tinggi sehingga lebih bisa diandalkan untuk melibas medan off-road.

Sayangnya, lantaran sasis dan bodi yang terpisah, pengendalian atau handling mobil SUV berrangka ladder frame kurang presisi dan radius putarnya sempit. Karena itu, jenis ini dianggap kurang cocok di perkotaan.

Contoh mobil SUV ladder frame yang dijual di Indonesia ialah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, dan Jeep Wrangler.

Rankuman Kelebihan


1. Kuat dan lebih baik dalam menyerap getaran yang ditimbulkan jalan.
2. Mumpuni dalam melibas medan off-road ringan hingga berat.
3. Mudah didesain, dibangun, dan dimodifikasi.
4. Tak terlalu sulit untuk diperbaiki apabila terjadi tabrakan.

Rangkuman Kekurangan


1. Bobotnya lebih berat dan konstruksinya rumit.
2. Ruang kabin mobil biasanya lebih terbatas.
3. Pengendalian Kurang presisi

Pilih Mana?


Jika Anda menggunakan mobil untuk daerah perkotaan, maka mobil dengan sasis monocoque jelas lebih baik. Namun kalau medan yang akan kamu hadapi lebih banyak tanah basah, apalagi berlumpur, maka SUV dengan ladder frame adalah pilihan yang cocok. Memang tidak senyaman SUV monocoque, namun sasis ladder frame jelas lebih tangguh.



Info Promo 🚘 MITSUBISHI, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

Mitsubishi Pajero - Sejarah Perjalanan Panjangnya

Sejarah Panjang Mitsubishi Pajero Pasar otomotif di Indonesia terbilang cukup menjanjikan bagi para perusahaan mobil, salah satunya Mitsubishi. Melalui Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) , pabrikan Jepang ini memasarkan salah satu lini SUV buatanya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport di Tanah Air.. Nah, kali ini kita ingin mengajak sobat untuk mengulas sedikit sejarah Mitsubishi Pajero Sport. SUV ini lahir karena prestasi pabrikan tiga berlian yang sempat merajai ajang Reli Dakar dengan 12 kali kemenangan. Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama. (Mitsubishi Motor Indonesia) Pertama kali diproduksi pada tahun 1996 desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Awalnya SUV ini hanya dijual di Jepang saja, namun setahun berselang, penjualannya dilebarkan ke ranah internasional. Perlu diketahui, Mitsubishi Pajero Sport akhirnya dirakit di pabrik Tiongkok pada 2003 dan pabrik Brazil di 2006. Kemudian muncul generasi kedua yang ...