Langsung ke konten utama

Plus Minus Sasis Monocoque & Ladder Frame

Xpander
Xpander
Mobil SUV (sport utility vehicle) sedang menjadi tren globlal. Mobil jenis ini dikenal memiliki kemampuan yang lebih baik melibas berbagai macam jenis jalanan.

SUV mengadopsi dua jenis rangka, yakni monocoque dan ladder frame. Keduanya memiliki kegunaan yang sedikit berbeda.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019), berikut perbandingan kekurangan dan kelebihan sasis monocoque dan ladder frame.

Monocoque


Jenis yang satu ini, sedang populer penggunaannya saat ini di mana konstruksi antara rangka dan bodi dibuat menyatu. Sasis jenis ini pertama kali dipakai pada mobil Lancia Lambda pada 1923, dan diikut pada 1934 oleh Citroen serta Chrysler.

Salah satu kelebihan sasis monocoque adalah ringan. Selain itu, sasis monocoque kerap digunakan lantaran pengendalian mobil bisa lebih baik. Alhasil, konsumsi bahan bakar juga semakin efisien dan tentu saja lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Sayang, SUV monocoque kebanyakan memiliki ground clearance yang tak terlalu tinggi sehingga kurang tangguh untuk melibas medan off-road. Karena itu, jenis ini kerap disebut SUV perkotaan.

Beberapa mobil SUV yang menggunakan sasis monocoque dan beredar di Indonesia ialah Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Wuling Almaz, DFSGK Glory, Mitsubishi Outlander Sport, BMW X5, dan Lamborghini Urus.

Rangkuman Kelebihan


1. Ruang kabin lebih maksimal
2. Lebih baik dalam mereduksi bobot, sehingga lebih irit bahan bakar.
3. Center of gravity lebih rendah, membuat efek body roll lebih kecil
4. Bantingan lebih suspensi lembut
5. Umumnya memiliki pengendalian yang lebih baik

Rangkuman Kekurangan


1. Lebih rapuh dari ladder frame, akan terasa saat mengalami kecelakaan berat.
2. Lebih sensitif terhadap getaran
3. Saat bodi rusak karena kecelakaan agak sulit diperbaiki.

Ladder Frame


Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport
Diberi nama "Ladder Frame" karena bentuk dan susunannya menyerupai tangga. Jenis yang satu ini, bisa dibilang merupakan jenis chassis tertua dan banyak digunakan, khususnya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty) contohnya Toyota Kijang, Fortuner, selain itu juga untuk truk dan kendaraan komersial lainnya.

Biasanya, kaki-kaki pada mobil SUV dengan rangka ladder frame lebih kuat dan memiliki ground clearance tinggi sehingga lebih bisa diandalkan untuk melibas medan off-road.

Sayangnya, lantaran sasis dan bodi yang terpisah, pengendalian atau handling mobil SUV berrangka ladder frame kurang presisi dan radius putarnya sempit. Karena itu, jenis ini dianggap kurang cocok di perkotaan.

Contoh mobil SUV ladder frame yang dijual di Indonesia ialah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, dan Jeep Wrangler.

Rankuman Kelebihan


1. Kuat dan lebih baik dalam menyerap getaran yang ditimbulkan jalan.
2. Mumpuni dalam melibas medan off-road ringan hingga berat.
3. Mudah didesain, dibangun, dan dimodifikasi.
4. Tak terlalu sulit untuk diperbaiki apabila terjadi tabrakan.

Rangkuman Kekurangan


1. Bobotnya lebih berat dan konstruksinya rumit.
2. Ruang kabin mobil biasanya lebih terbatas.
3. Pengendalian Kurang presisi

Pilih Mana?


Jika Anda menggunakan mobil untuk daerah perkotaan, maka mobil dengan sasis monocoque jelas lebih baik. Namun kalau medan yang akan kamu hadapi lebih banyak tanah basah, apalagi berlumpur, maka SUV dengan ladder frame adalah pilihan yang cocok. Memang tidak senyaman SUV monocoque, namun sasis ladder frame jelas lebih tangguh.



Info Promo 🚘 MITSUBISHI, Hubungi:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574

Postingan populer dari blog ini

XPANDER CROSS: REVIEW PENGGUNA, STABILITAS OKE

Stabilitas Oke Xpander Cross Bukanlah hal utopis mendamba mobil pelancong di bermacam lanskap jalanan. Korelasinya lagi dengan utilitas dan banderol yang ditawarkan. Belakangan kian banyak produsen menjajakan kendaraan bergenre MPV crossover. Atau sebut saja mobil keluarga tujuh penumpang yang di-SUV-kan. Salah satunya Mitsubishi Xpander Cross , punya banderol relatif tinggi dari deret lawan sekelas. Label harga tertera, mulai Rp 272,7 juta sampai Rp 292,7 juta. Angka itu di atas rata-rata, bahkan kasta tertinggi sudah melampaui banderol medium SUV Cina bermesin turbo. Tapi jujur saja, segmentasi hanyalah cara asosiasi untuk memilah data penjualan. Dan zaman sekarang perpektif konsumen berubah. Bukan lagi mencari jenis model, melainkan dengan genggaman dana sekian, bisa mendapat opsi mobil apa saja. First Impresi Xpander Cross Mitsubishi xpander driving impression Dan pilihan paling mahal itulah (Premium Package AT) yang diuji. Maka disibak antara harga ditawarkan dengan poin-poin t...

MITSUBISHI - PROGRAM FRESH and CLEAN SERVICE

Program New Normal Mitsubishi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendiskon produk chemical untuk perawatan kendaraan Mitsubishi lewat program "Fresh and Clean Service Campaign" sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan fase new normal. Diskon spesial ini mencakup produk genuine chemical dan item perawatan seperti Antibacterial Air Refresher dengan diskon 30 persen, Evaporator Cleaner dan AC Filter dengan diskon 20 persen berlaku mulai 5 Juni – 05 Juli 2020 . Paket Perawatan Kesehatan Untuk Pembeli Baru Mitsubishi Director After Sales Service Division MMKSI, Eiichiro Hamazaki mengatakan Mitsubishi menyadari pada kondisi seperti sekarang kebersihan dan kesehatan merupakan hal utama bagi masyarakat. (Sumber) " MMKSI memberikan kemudahan kepada masyarakat dan konsumen setia Mitsubishi dengan memberikan program spesial dan harga menarik untuk genuine chemical dan item perawatan kendaraan sebagai upaya menjaga kebersihan di lingkup keluarga terutama ...