Berlibur Bersama Keluarga Dengan Mitsubishi Xpander |
SEPERTI apakah seharusnya mobil keluarga atau yang sering diistilah-asingkan menjadi multipurpose vehicle (MPV) untuk kelas menengah? Tidak ada standar khusus untuk itu.
Tetapi, begitu menjajal Mitsubishi Xpander dalam perjalanan menikmati liburan awal tahun, 3-6 Januari 2018 lalu, sepertinya saya mulai punya jawaban sendiri untuk pertanyaan tadi.
Xpander, kendaraan yang diluncurkan pertama kali pada ajang GIIAS 2017, Agustus 2017, itu telah menciptakan standar baru untuk segmen low MPV.
Dengan Ground Clearance yang Memadai, Bekendara Dengan Mitsubishi Xpander Lebih Tenang dan Nyaman |
Impresi pertama tentu datang dari desain eksterior mobil yang harus diakui melebihi ekspektasi orang akan tampilan sebuah mobil low MPV. Unsur desain modernnya sangat dominan, jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya di segmen tersebut.
Xpander Kendaraan Keluarga |
Apalagi dengan dimensinya yang cukup besar, panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700, serta jarak sumbu roda 2.275 mm, terutama ground clearance yang mencapai 200-205 mm (tergantung tipe), membuat Xpander memiliki darah SUV (sport utility vehicle) yang kental.
Belakangan, para pemerhati otomotif bahkan kerap mengomparasikan Xpander dengan New Toyota Rush dan New Daihatsu Terios yang memang dilahirkan sebagai SUV.
Impresi berikutnya ialah saat memasuki kabin mobil.
Xpander Exceed |
Apresiasi mungkin perlu diberikan untuk ruangan kaki di baris ketiga yang sangat nyaman dengan dilengkapi dengan setelan sandaran dudukan untuk penumpang bangku baris ketiga yang dapat diatur.
Ini mungkin untuk memberi ruang lebih besar untuk penumpang di baris ketiga. Selain lega, kabin Xpander terlihat cukup mewah juga senyap.
Kendaraan Keluarga Siap Di Segala Medan |
Termasuk saat hujan, suara jatuhnya hujan bisa teredam dengan baik.
Dari sisi visibilitas pengemudi, mobil ini cukup oke dengan kaca besar yang didesain rendah.
Ada rekan jurnalis pernah bilang, pilar A yang berukuran lumayan besar berikan kenyamanan pandangan saat berbelok.
Xpander seri Ultimate sudah menyematkan teknologi smart key layaknya di mobil kelas menengah atas. Untuk menyalakan mobil, cukup tekan tombol start/stop sambil kaki menginjak rem.
Xpander Facelift
Setelah menyala, kita langsung disuguhi sajian informasi berkendara di layar multi information display (MID) berbasis TFT full colour.
Di varian ini juga terdapat tombol pengatur audio/video dan telepon di lingkar kemudi.
Besar tetap irit
Bagaimana dengan performa pengendaraan?
Kabin Lapang dan Mewah |
Mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve berkapasitas 1.499 cc memang tak menawarkan maksimum tenaga berlimpah, hanya 104 PS/6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm/4.000 rpm.
Bodinya yang bongsor tentu menyuguhkan tenaga yang lebih mengakomodir kenyamanan berkendara dengan kapasitas penumpang 3 baris.
Paling tidak ketika mobil diisi full orang dewasa, kelapangan kabin kendaraan sangat terasa.
Xpander Exceed Tampak Belakang |
Selanjutnya tenaga kian terasa di putaran atas.
Perpindahan gigi otomatisnya juga cukup mulus meski Xpander tidak menggunakan teknologi transmisi otomatis CVT seperti Honda Mobilio.
Mitsubishi Xpander |
Konsumsi BBM-nya pun tak boros seperti yang dicemaskan. Untuk perjalanan ke luar kota, 1 liter bensin bisa untuk lebih dari 15 km.
Satu lagi yang membuat Xpander unggul dari kendaraan lain di kelasnya ialah suspensinya yang boleh dibilang lembut.
Jalan rusak serta bergelombang yang beberapa kali dilewati sepanjang perjalanan mampu diredam dengan oke.
Sepertinya, begitulah standar kelas low MPV di masa mendatang pasca Kehadiran Mitsubishi Xpander.
Dynamic Design Xpander |
Promo Mitsubishi Xpander :
Hub. ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 0813-9897-7574