Langsung ke konten utama

Review Mesin MIVEC Mitsubishi


Mesin MIVEC Jantung Pacu Mitsubishi
Mesin MIVEC Jantung Pacu Mitsubishi

Setiap pabrikan, pasti memiliki kunci untuk membuat performa kendaraannya optimal. Salah satunya, adalah mesin dengan teknologi canggih dan dikembangkan sesuai dengan karakter, serta menciptakan DNA tersendiri di industri otomotif dunia.

Mitsubishi Eclipse Cross Turbo
Mitsubishi Eclipse Cross Turbo

Salah satunya, ada Mitsubishi Motors Corporation (MMC) yang memiliki mesin dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), yang merupakan nama umum untuk semua mesin yang dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing (waktu bukaan katup udara dalam mesin) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.

Pabrikan berlambang tiga berlian ini, telah lama berfokus pada teknologi untuk mengatur valve timing dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift). Hal tersebut, bertujuan untuk mampu menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.

Mitsubishi Pajero
Mitsubishi Pajero

Mesin MIVEC pertama kali digunakan pada 1992 di Mitsubishi Mirage, dan sejak itu jenama asal Jepang ini telah menambahkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Mitsubishi kemudian terus mengembangkan mesin ini menjadi all new MIVEC, yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

"Mesin MIVEC yang disematkan memiliki teknologi yang tidak hanya mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien sekaligus juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan," ujar Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT MMKSI, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/6/2020).

Sejarah

Pada 2011, Mitsubishi Motors menyematkan mesin all new MIVEC SOHC (Single Over Head Camshaft) untuk model Galant Fortis untuk pasar Jepang, dan Mitsubishi Sportback Galant Fortis.

Kinerja mesin telah lebih dikembangkan dengan menyesuaikan volume udara yang masuk melalui mekanisme pengaturan valve timing dan valve lift serta bukaan throttle valve.

Mitsubishi L300 Pick Up
Mitsubitshi L300 Pick Up

Mesin jenis 4J1 model ini juga telah mengurangi konsumsi bahan bakar dengan peningkatan stabilitas pembakaran, melalui optimalisasi struktur ruang bakar dan pengurangan gesekan melalui optimalisasi struktur piston.

Mitsubishi Motors juga mengembangkan seri mesin MIVEC DOHC 16-valve Engine (4B1) yang menggunakan sistem MIVEC yang secara kontinu dan optimal mengontrol valve timing & valve lift pada intake dan exhaust valve sesuai dengan putaran mesin.

Sistem ini menghasilkan performa mesin yang tinggi serta efisiensi bahan bakar, dan secara terus-menerus mengendalikan intake cam dan exhaust cam secara independen, menyediakan kombinasi output tenaga maksimal, efisiensi bahan bakar yang optimal, dan sangat ramah lingkungan dengan membuat kontrol katup yang lebih tepat sesuai dengan RPM dan beban engine pada sistem intake saja.

Mitsubishi Motors kemudian mengembangkan mesin 4B11 MIVEC Twin-Scroll Turbo Engine. Mesin ini memiliki keunggulan lebih lanjut dengan peningkatan respons jauh dibandingkan dengan model 4G63 konvensional.

Mitsubishi New Strada Triton
Mitsubishi New Strada Triton

Output maksimumnya adalah 221kW (300PS) / 6,500rpm dan torsi maksimumnya adalah 422Nm (43,0kgf ・ m) / 3,500rpm (untuk pasar Jepang).

Mitsubishi Motors merancangnya untuk menghasilkan torsi tinggi dari rentang kecepatan yang lebih rendah. Mesin jenis ini dapat mencapai performa tenaga yang luar biasa, termasuk perbaikan gear ratio pada drive train.

Mesin MIVEC Untuk Indonesia

Tampilan mobil Mistubishi Xpander usai perakitan di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (3/10). Kendaraan model MPV ini dirancang seiring meningkatnya permintaan konsumen Indonesia terhadap kendaraan berkualitas tinggi.

Teknologi MIVEC juga disematkan pada kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Seperti halnya model flagship Small MPV Mitsubishi Motors, Xpander yang dibekali unit berkode 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104PS/6,000 rpm dengan torsi maksimum 141Nm/4,000 rpm.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

Dibekali mesin serupa dengan Xpander Cross juga memiliki tenaga maksimum dan torsi yang sama, namun dengan kombinasi mesin dan suspensi yang memiliki katup peredam guncangan sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

Berbeda dengan Xpander, Outlander Sport disematkan mesin 4B11 16 Valve MIVEC DOHC berkapasitas 2,000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150PS/ 6,000rpm juga torsi maksimum 20.1 (197 Nm) / 4,200rpm.

Baca Juga: Layanan Purna Jual Mitsubishi


Info Lengkap Unit dan Promo, Hub:
ARI TRI WIBOWO
Mitsubishi Sales Authorized Dealers
Click On 👇🏼
☎️ 081389247541


Postingan populer dari blog ini

MITSUBISHI XPANDER 2020: TAMPILAN MUKA BARU

Xpander 2020 Mobil Mitsubishi XPANDER MY 20 kini hadir dengan wajah terbaru yang membawa banyak perubahan yang membuat mobil idaman ini menjadi semakin menawan. Tidak hanya muncul sebagai mobil keluarga biasa, dengan berbagai peningkatan dan juga beberapa fitur khusus yang ditambahkan, Mitsubishi XPANDER kini menjadi lebih lengkap dengan ruang kabin yang luas serta kedap suara, performa mesin yang optimal dan kestabilan suspensi yang diberikan membuat semakin nyaman masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan dengan mobil ini. Mitsubishi Xpander 2020 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi kendaraan penimpang serta niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motor Corporation (MMC) , sejak tahun 2017 sudah menghadirkan Mitsubishi XPANDER “Your Next Generation MVP” ini sebagai Small MVP yang dilengkapi dengan kelengkapan fitur, kenyamanan yang diberikan dengan kualitas yang lebih dari sekedar mobil keluarga b...

Xpander: Tampil Kian Memikat

Tampilan Xpander Makin Memikat MITSUBISHI  - Dari luasnya lautan impian kita, maka memiliki kendaraan yang bermesin tangguh adalah salah satunya. Dianalogikan dengan otak, maka mesin itu adalah otak daripada sang mobil itu sendiri. Tanpa mesin maka mobil hanyalah kerangka mati tidak berguna. Banyak sekali komoditas mobil yang bertebaran di pasar mulai dari harga yang biasa sampai yang luar biasa. Maka untuk itu kita perlu teliti manakah mobil yang pas untuk kita. Mitsubishi Xpander Keluarga Namun mesin bukanlah satu-satunya yang harus kita perhatikan. Interior mobil pun harus kita perhatikan dengan seksama demi kenyamanan kita dan keluarga kita sendiri. Tiada makna apabila mesin kendaraan memiliki performa baik dan tangguh, namun tidak bisa dinikmati ketika kita berada di dalamnya. Dan juga demi menjunjung prestise kita maka mobil yang kita kendarai juga harus bereksterior elegan dan cool (baca=keren). Mitsubishi XPANDER MY20 adalah pilihan yang tepat untuk kita dalam m...

MITSUBISHI XPANDER: REVIEW

Mitsubishi Xpander Exceed Tipe Mitsubishi Xpander , Kenali Variannya! Mobil Xpander keluaran Mitsubishi mempunyai 6 varian jenis dengan ciri khas masing-masing. Kelima varian tersebut sudah dibekali mesin dengan 4 silinder berkode 4A91 dengan muatan daya 6.000 rpm. Berikut ciri khas untuk semua tipe Mitsubishi Xpander yang ada di Indonesia : XPANDER GLX Xpander Ultimate Tipe GLX merupakan tipe Mitsubishi xpander dengan model paling rendah diantara tipe lainnya. Tipe GLX mempunyai lingkar roda standart dengan dimensi 15” dilapisi plastik dop. Tipe GLX mempunyai pilihan transmisi yaitu GLX MT dengan pilihan warna yang disediakan yaitu diamond black mica dan white pearl dengan warna jok beige. Untuk bahan pembungkus dan kualitas pada jok mobil masih menggunakan bahan fabric biasa. Untuk Tipe GLX, transmisi menggunakan 5 percepatan manual. XPANDER GLS Xpander Facelift 2020 Mitsubishi Xpander GLS merupakan tipe dengan level di atas GLX. Spesifikasi dari GLS...